Cache, Sesi, dan Kuki

Cache

Cache adalah mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data / instruksi yang sering diakses. Memori cache dimaksudkan untuk memberi kecepatan memori yang mendekati memori yang paling cepat yang bisa diperoleh, dan pada waktu yang sama menyediakan kapasitas memori yang besar dengan harga yang lebih murah dari jenis-jenis memori semikonduktor. (Wikipedia)

Nah dibrowser sendiri cache juga dimanfaatkan untuk mempercepat kinerja dalam memuat (loading) halaman situs dimana browser biasanya otomatis menyimpan file-file gambar, css atau javascript. Hal ini lah yang menjadi sebab mengapa kalian masih melihat tampilan lama blog kalian walaupun css-nya sudah diupdate.

Sesi

Dalam ilmu komputer, khususnya jaringan sesi adalah pertukaran informasi interaktif semi-permanen, yang juga dikenal sebagai dialog, percakapan atau pertemuan, di antara dua perangkat komunikasi atau lebih, atau antara komputer dan pengguna. (Wikipedia)

Di WapBlog.ID, sesi digunakan untuk menyimpan informasi masuk yang bersifat sementara dan akan terhapus otomatis setelah tidak adanya komunikasi antara server WapBlog.ID dan browser pengguna.

Kuki

Kuki HTTP (juga disebut kuki web, kuki Internet, kuki peramban, atau sekadar kuki) adalah sebagian kecil data yang dikirim dari situs web dan disimpan di komputer pengguna oleh peramban web pengguna saat pengguna menjelajah. Cookie dirancang untuk menjadi mekanisme yang andal bagi situs web untuk mengingat informasi penting (seperti item yang ditambahkan di keranjang belanja di toko online) atau untuk merekam aktivitas penjelajahan pengguna (termasuk mengklik tombol tertentu, masuk, atau merekam halaman mana yang dikunjungi. di masa lalu). Mereka juga dapat digunakan untuk mengingat potongan informasi yang sewenang-wenang yang sebelumnya dimasukkan ke dalam form field seperti nama, alamat, password, dan nomor kartu kredit. (Wikipedia)

Di WapBlog.ID, kuki juga menyimpan informasi masuk. Berbeda dengan sesi, kuki akan menyimpan informasi masuk setidaknya 30 hari dari waktu terakhir pengguna membuka blog atau situs dibawah WapBlog.ID. WapBlog.ID menggunakan kuki ini sebagai media yang lebih powerful dalam menyimpan dan menirim informasi masuk pengguna.

Diubah terakhir 15 November 2017